Bisnis Zaman Now dengan Memanfaatkan Media Sosial

Senin kemaren tepatnya tanggal 26 Maret 2018, kami diundang ke sebuah acara yang diinisiasi oleh IWITA atau Indonesia Women IT Awareness dan Pegadaian Makassar di hotel Pesonna Makassar. Acara yang bertajuk sosialisasi dan diskusi bisnis `zaman now` tersebut dihadiri oleh kurang lebih 150 pengusaha muda skala kecil dan menengah.

Acara yang berlangsung dari pukul 8 pagi hingga pukul 12 siang tersebut menghadirkan beberapa narasumber yang membuka wawasan peserta acara tentang bisnis zaman now yang oke punya.

Acara dimoderatori oleh Ana mustamin seorang pakar komunikasi dan keuangan. Di isi oleh bapak Suban Fauzin selaku deputy bisnis area Makassar Pegadaian dan Deddy Suryadi selaku asisten manager penjualan area Makassar di pegadaian serta Daeng Ical selaku walikota Makassar.

Acara ini digelar dalam rangka untuk mendukung usaha para ibu rumah tangga yang baru dirintis maupun yang sudah berjalan.

IWITA sendiri memang concern pada pemberdayaan perempuan terutama para perempuan pengusaha baik skala rumahan maupun skala menengah hingga besar.

Dalam programnya tersebut, IWITA menggandeng Perum Pegadaian dan Pemerintah Kota Makassar untuk berdiskusi bersama dan mendengar langsung perkembangan bisnis di Makassar dari para peserta yang hadir.

Zaman now yang ditandai dengan perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat ini, harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk memajukan bisnis para wanita di Indonesia, khususnya di Makassar.

IWITA dan Pegadaian mendorong agar para perempuan pengusaha di Makassar ini untuk bisa menangkap peluang dari kemajuan teknologi informasi dalam pengembangan bisnis mereka dengan cara memasarkannya melalui media sosial yang berkembang semakin cepat.

Misalkan saja bisnis kuliner yang bisa dijajakan secara online melalui media sosial baik itu instagram maupun facebook.

Pegadaian sendiri juga telah memanfaatkan sarana teknologi informasi untuk mengembangkan Layanan Keuangan Tanpa Kantor untuk Keuangan Inklusif bagi para nasabahnya.

Layanan berbasis teknologi informasi ini dapat menjadi solusi untuk mendukung kelangsungan bisnis para pelaku internet, industri rumahan dan UMKM.

Para pengusaha bisa mendapatkan dana cepat untuk tambahan modal dengan memanfaatkan Aplikasi Sahabat Pegadaian dan Agen Pegadaian, tanpa persyaratan yang rumit dan berbelit-belit,

Dengan kedua aplikasi tersebut, masyarakat dapat melakukan transaksi keuangan dengan mudah tanpa perlu repot dan mengantri di kantor PT PEGADAIAN (Persero). Tak hanya itu Pegadaian juga membuka kesempatan kepada masyarakat untuk berbisnis digital dengan menjadi agen pegadaian. Cukup dengan modal smartphone, tempat tinggal dan rekening bank, kita bisa menjadi agen pegadaian dan mendapatkan keuntungan dari bisnis bersama Pegadaian tersebut.

Cukup dengan 5 langkah mudah kita sudah bisa berbisnis zaman now, yaitu:
1. Mengisi form agen pegadaian
2. Verifikasi
3. Survey lokasi agen
4. Cetak form
5. Tanda tangan

Dengan menjadi Agen Pegadaian dan melengkapi 5 langkah mudah diatas, kita bisa mewujudkan mandiri finansial bersama Pegadaian.

Lebih lanjut Daeng Ical selaku walikota Makassar mengatakan ” kemajuan bisnis di Makassar ini menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dari tahun ke tahun. Percepatan bisnis ini harus diimbangi dengan pemanfaatan media teknologi dan informasi yang tepat untuk menaikkan omset usaha yang ada”

IWITA berharap sinergi antara IWITA dan Pegadaian dapat memberi sumbangsih bagi para pengusaha perempuan di Indonesia, khususnya di Makassar. Dengan semangat literasi digital dan ekonomi berbagi, IWITA berharap acara ini bisa menjadi pemantik dan pendorong pertumbuhan ekonomi di Makassar.

bundanisa

Seorang bunda yang senang belajar apa saja terutama dunia parenting. Saat ini berdomisili di Makassar dan aktif di komunitas literasi, komunitas blogger, komunitas photography bagi ibu ibu, komunitas indonesia berkebun dan komunitas parenting institut ibu profesional. Penulis bisa dihubungi via email di atikmuttaqin17@gmail.com

You may also like...

2 Responses

  1. kehadiran Daeng Ical seolah membawa semangat dan warna segar dalam talkshow ini 🙂 jadi ada gambaran tentang pandangan dan sikap pemerintah Makassar untuk memajukan ekonomi warganya..

  2. Mydaypack says:

    kereen nih berbisnis… bisa tambahan pemasukan, tp peserta ya ibu2 ya kmaren?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!