Mengasuh Anak Berdasarkan Kepribadiannya dengan MS Learning and Grow

Hai bund apakabar? Mudah-mudahan kita selalu diberi kesehatan di tengah gelombang ketiga covid 19. Sebagai orang tua kita harus aware tidak hanya kesehatan lahir tapi juga kesehatan jiwa anak anak kita ya bund. Jangan sampai pola asuh kita justru membuat anak anak stress dirumah. Mengasuh dengan cinta dan dengan menyesuaikan kepribadian anak anak kita. Nisa anak pertama kami adalah tipikal anak yang suka sekali mendapat center of attention atau pusat perhatian. Saat awal awal ia punya adek, kak Nisa merasa perhatian kami orang tuanya jadi beralih ke adeknya hingga ia sering marah marah dan cemburu. Kini saat adeknya beranjak besar, kak Nisa suka mempengaruhi adeknya untuk membujuk saya membelikan jajan atau barang kesukaan anak anak. Saya sendiri kadang bingung menyesuaikan gaya pengasuhan saya dengan karakter kak Nisa sampai suatu saat ketika saya lewat jalan Kaliurang, saya lihat ada baliho dari MS Learning and Grow dengan bintang prilly Latuconsina. Di baliho tersebut menyebutkan tentang tes sidik jari. Sayapun penasaran pengen coba. Karena itu saya ikuti akun instagram MS Learning and Grow di @mslearningandgrow, untuk mengetahui informasi seputar MS Learning and Grow dan mendownload aplikasinya di AppStore.

Aplikasi MS Learning and Grow yang sudah saya download di handphone

Ternyata memang mengenali karakter dan emosi anak itu penting sekali dalam pengasuhan. Bahkan kak Seto dalam webinarnya dengan MS Learning and Grow mengatakan bahwa survei KPPA sebanyak 13 persen anak sudah mengalami depresi.

Informasi webinar bersama Kak Seto di Instagram MS Learning and Grow

Webinar yang saya ikuti bersama MS Learning and Grow

Depresi karena sekolah online atau depresi karena pengasuhan orang tuanya.
Karena itulah saya lantas mantap mengikutkan kak nisa utk test sidik jari di MS Learning and Grow ini.

Manfaat test sidik jari di MS Learning and Grow

Manfaat test sidik jari dan konsultasi dengan MS Learning and Grow yang saya rasakan adalah:
1. Saya dapat mengetahui potensi dasar yang dimiliki kak Nisa, termasuk juga karakter kepribadian dan gaya pengambilan keputusan sekaligus tindakannya.
2. Mengetahui potensi peta kecerdasan anak.
3. Mengetahui potensi kelemahan, termasuk kecenderungan dominasi fungsi-fungsi bagian otak, sekaligus kecenderungan karakter.
4. Sebagai bentuk referensi dalam menganalisa anak dan membuat perencanaan kehidupan di masa depan yang lebih efektif atau tepat bagi anak.
5. Mengetahui masa depan yang lebih terarah, pendidikan mana yang paling efektif, dan karir paling potensial untuk ditekuni.

Sebagai orang tua kita berharap bisa mengarahkan anak untuk bisa mengoptimalkan bakat dan minatnya sesuai kepribadiannya. Dengan test sidik jari ini kita bisa mengetahui bakat alami anak sejak dini bund, sehingga kita bisa memberikan stimulus yang tepat, mengarahkan dan membantu anak anak memaksimalkan potensinya.

Mekanisme test sidik jari di aplikasi MS Learning and Grow

Mekanisme test sidik jari di aplikasi sangatlah mudah sekali bund. Pertama kita install aplikasinya lalu kita bisa sign Up. Setelah itu kita bisa login dan mendaftar test sidik jarinya. Sesudah mendaftar, kita bisa isi data anak yang mau kita test sidik jarinya. Lalu foto setiap jari baik kanan maupun kiri lalu submit. Keesokan harinya hasilnya bisa kita lihat di aplikasi dan bisa diunduh dalam format PDF. Tak hanya sampai disitu kita juga akan dibuatkan sesi konsultasi dengan psikolog melalu zoom selama 30 menit. Kita bisa ngobrol dan tanya tanya terkait hasil test sidik jari yang sudah kita lakukan. Kita bisa melakukan test sidik jari ini sedini mungkin saat guratan sidik jari sudah jelas terlihat atau sekitar usia 6 bulan. Test ini tingkat akurasinya sampe 80%.

Kak nisa sendiri hasil test sidik jarinya menunjukkan hasil influence dominance. Test sidik jari ini menggunakan teori DISC yaitu teori tentang tipe-tipe kepribadian yang disusun oleh Dr. William Moulton Marston, seorang psikolog Universitas Harvard. DISC sendiri merupakan singkatan dari Dominance, Influence, Steadiness, dan Compliance. Pada keempat kepribadian DISC atau DISC personality ini, kita memperoleh gambaran tentang bagaimana seseorang bersikap dalam situasi atau lingkungan tertentu (terutama dalam lingkup dunia kerja).

Hasil test sidik jari anak saya

Hasil test sidik jari kak Nisa sesuai sekali bund dengan kepribadiannya yang menunjukkan influnce dominance. Seseorang dengan karakter ini adalah orang yang ramah dan memiliki kemampuan mempengaruhi lawan bicara, bahkan terkadang di situasi tertentu terkesan menuntut. Terbukti, Kak Nisa di lingkungan pertemanan di sekitar rumah juga demikian. Dia sangat mendominasi di circle pertemanannya, ia sering jadi leader dan menengahi teman teman yang sedang bertengkar. Ia selalu marah kalau temannya tidak memperhatikannya dan cenderung nyuekin. Kak Nisa juga suka memberi pengaruh yang kuat ke temen temennya, ia memberi ide dan teman temannya selalu mengikuti idenya. Kalau teman temannya tidak mau mengikuti, biasanya ia lalu marah dan pulang ke rumah sambil nangis. Karena karakternya yang seperti ini saya disarankan untuk melakukan pendekatan komunikasi yang efektif dengan menyampaikan suatu nasihat atau informasi secara singkat. Menghindari hal detail, rinci dan dan terstruktur sampai si anak menanyakannya sendiri.

Sekelumit hasil test sidik jari kak Nisa, lengkapnya dalam bentuk PDF

Penjelasan singkat tentang hasil test sidik jari kak Nisa, penjelasan lengkapnya dalam bentuk PDF

Dari test ini yang dilanjutkan dengan sesi konsultasi, saya diberikan hasil test beserta dengan penjelasan yang lengkap terkait kepribadian anak saya, gaya komunikasi, gaya belajar, strength and weakness potential, serta karir apa yang cocok di masa depan anak anak.

Saya mengikuti sesi konsultasi dengan psikolog melalui zoom

Saya jadi tahu bagaimana menyesuaikan gaya belajar anak saya, agar ia merasa nyaman dalam belajar. Pribadi dengan karakter influnce-dominance ini harus tahu bahwa ia dihargai dan disukai oleh orang-orang di sekitarnya. Ga bisa kalau dicuekin, bahkan ketika adeknya minta perhatian, dia akan merasa terganggu dan bad mood. Motivasinya akan bangkit oleh perhatian positif, ia merasa diterima jika menerima pujian. Karena itu saya sering memberi dia pujian yang tidak berlebihan, pujian yang membangun.

Belajar bersama akan lebih baik bagi anak dengan kepribadian influence-dominance seperti anak saya ini. Ia termotivasi ketika melihat temannya sudah iqro 4, sedang ia masih iqro 3. Ia akan merengek minta belajar agar bisa mengejar ketertinggalan. Saat temannya sudah hafal surat An naba, ia dirumah minta diulang ulang agar bisa sama atau lebih dari teman temannya. Saya juga disarankan untuk memberikan rangkuman bukan hal detail, karena pribadi ini lebih mudah menerima gambaran yang umum dibandingkan hal yang terstruktur.

Hal yang paling saya suka adalah adanya sesi konsultasi setelah test sidik jati dilakukan. Dengan sesi konsultasi psikolog ini saya bisa menanyakan banyak hal terkait report analysis yang diberikan oleh tim MS Learning and Grow. Saya banyak diberikan beberapa saran agar gaya pengasuhan saya sesuai dengan kepribadian anak saya tersebut. Seru dan sangat bermanfaat sekali. Yuk bund cobain test sidik jari di aplikasi ms learning and grow dan rasakan manfaatnya.

bundanisa

Penulis bisa dihubungi melalui email: kontakbundanisa@gmail.com

You may also like...

57 Responses

  1. Aaa keren bgt test sidik jari.. aku sudah download mak cuma blm aku pakai. Jd penasaran nih coba ah nanti sore hihihi. Sekeren itu ya MSlearning and grow.

  2. Okti says:

    Setiap anak punya karakter berbeda ya. Saya setuju kalau pola pengasuhan disesuaikan dengan kepribadian anak masing masing
    Mengasuh anak memang tidak semudah teori. Terimakasih ilmunya. Saya banyak belajar juga nih jadinya

  3. Wuih keren nih Kak Nisa, jadi influence 😀
    Jadi penasaran, anak saya apa ya dominannya.
    Menarik banget deh test kepirbadian anak di MS Learning and Grow ini 🙂

  4. Lithaetr says:

    Mmm, menarik. Jadi bisa dicoba buat tes si sulung dan si tengah. Kalau si sulung buat mengetahui apa yang bisa dikembangkan lagi di kelas 3 nanti, sementara si tengah buat mengetahui ia berpotensi di mana, karena si tengah baru mau sekolah. Terima kasih buat tulisan inspiratifnya ya, Bun.

  5. Bunda Nisa banyak sekali ya manfaat dari tes sidik jari dari aplikasi MS Learning & Grow ini.Btw tes ini mulai dari usia berapa sampai berapa ya bun bisa ikuti? terimakasih

  6. YSalma says:

    Sangat menarik ya mba. Kita sebagai orangtua jadi mengetahui minat dan kepribadian anak. Penasaran ingin nyoba utk anak sy juga, agar tau dia lebih berpeluang di bidang yg paling diminatinya.

  7. Dian says:

    Wah iya ya, menarik juga untuk bisa tahu kepribadian anak lewat tes sidik jari ini
    KLO tahu kepribadian anak, ortu jadi lebih mudah mengembangkan bakat mereka ya mbak

  8. Tahun 2010an (saya lupa tepatnya) saya melakukan test Sidik Jari. Saat itu baru dikembangkan ilmunya. Luar biasa… Hasilnya akurat banget.
    Jadi, test ini memang cocok untuk mengetahui karakter, kepribadian dan minat/bakat anak.

  9. Nanik Nara says:

    Ngeri ya, 13 persen anak Indonesia sudah mengalami depresi. Angka yang cukup besar ini dan selayaknya mendapat perhatian serius dari pemerintah.

    Wow kini tes sidik jari pun bisa dilakukan dari rumah saja ya, cukup akses aplikasi MS learning and grow

  10. Bagus banget memang tes kepribadian lewat sidik jari itu. Kalau bisa sih sejak mereka TK atau SD sudah diajak untuk melewati tes ini. Supaya kita tidak salah mendidik dan mengetahui lebih awal tentang titik kecerdasan mereka.

  11. Maria G says:

    Wah keren nih MS Learning and Grow

    anak bisa ditest kepribadian dan kecerdasan melalui test sidik jari

    sehingga sebagai orang tua, lebih mudah untuk mendampingi dan mengarahkan ya?

  12. Fenni Bungsu says:

    Lewat tes sidik jari, jadi bisa cepat diketahui apa bakatnya dan mudah buat disalurkan karena sesuai dengan bakatnya

  13. anak pertamaku pernah sidik jari dan alhamdulillah cocok dengan kepribadiannya sampai saat ini, namun kami enggak sempat mendalami bagaimana arahan selanjutnya. Ini emang penting ya buat orang tua.

  14. Lina sophy says:

    Kepengin coba, menarik banget buat tes sidik jari anak saya biar tahu kepribadiannya. Membantu banget nih kalau kita tahu soal tipe anak biar bisa mengarahkan dengan tepat

  15. Ira Hamid says:

    wahh keren nih tes kepribadian lewat sidik jari. Jadi pengen coba juga nih buat anakku biar kami bisa memaksimalkan potensi yang dimilikinya

  16. Shyntako says:

    wah menarik juga nih yaa ilmunya, tar kalo ada sesi kaya gini aku juga mau ikutan ah biar nambah ilmu parentingnya nih

  17. Eh, baru tahu ada tes sidik jari. Keren nih MS Learning and Grow. Boleh nyoba buat sendiri g asih kak? 😀

  18. menarik banget nih bisa tahu kepribadian anak lewat sidik jari. Kita sebagai orang tua jadi tahu bakat anak yang sesungguhnya sehingga dapat mengarahkan dengan tepat..

  19. Belajar menggunakan aplikasi diatas akan memulai mendeteksi kemampuan dan ketrampilan bakat anak nantinya, ada konsultasi dengan psikolog itu inovasi

  20. Nia Haryanto says:

    Keren ya tes sidik jari di Aplikasi MS Learning and Grow ini. Ada banyak benernya nih anakku dengan tes ini. Semoga deh aku bisa optimalkan bakat, minat, dan kemampuannya dengan masukan yang aku dapat dari psikolog di sana.

  21. Gusti yeni says:

    Memang bermanfaat banget tes sidik jari dulu saya tes sidik jari ketika adik kls 1SD si kakak kelas 4 SD.
    Paling tidak buat acuan kita sebagai orang tua dalam menghandle anak-anak dan pelajaran yg tepat buat mereka kelak

  22. diane says:

    Kebayang serunya kak kita bisa tahu hasil tes anak kita..dan bisa konsultasi juga untuk mengetahui pola suh yang tepat .. Semoga dimudahkan penerapannya ya..dan hasil tesnya memang sesuai dengan harapan…Semangatt

  23. Wian says:

    Penting niihh bisa tau karakter anak lewat test seperti ini. Kita jadi lebih paham bagaimana pola didik yang sesuai. Karena kakak sama adik itu kan pasti berbeda banget pola didiknya. Gak bisa disamain

  24. Evi says:

    Canggih ya tes kepribadian menggunakan sidik jari MS Grow Learning ini. Orang tua bisa mengetahui profil kepribadian anak. Dengan begitu tentu saja lebih mudah mengarahkan sesuai minat dan bakat mereka. Jadi anak-anak tidak perlu stres memenuhi harapan orang tua yang tidak sesuai dengan profil psikologis mereka

  25. Eni Rahayu says:

    keren banget nih dengan tes sidik jari di aplikasi MS Learning and Grow ini kita bisa tahu karakter kepribadian serta kecerdasan anak. dan juga kita bisa konsultasi bagaimana cara mengasuh dan mengarahkan anak.

  26. Mugniar says:

    Baca ini … saya jadi mikir … Kak Nisa ini kayak bundanya, bukan sih? 😅
    Mbak Atik ikut tes sidik jari ini juga gak?

  27. Sapti nurul hidayati says:

    Bermanfaat banget ini. Bisa untuk dasar mengarahkan anak dalam belajar. Ini bisa mulai dari usia berapa sampai berapa testnya?

  28. Okti says:

    Seandainya kita bisa menempatkan diri sebagai anak anak pasti bisa merasakan bagaimana terkekang mereka dengan tuntutan orang tua jaman now. Padahal, setiap anak punya kepribadian sendiri. Pemahaman orang tua terhadap kepribadian anak ini justru banyak tidak diindahkan para orang tua itu sendiri

  29. Wah, aku kok jadi tertarik untuk mengetes kepribadian anak-anak, yaa… Kemarin baru nyoba ngetes kepribadian sendiri, tapi belum terpikir untuk melakukannya ke anak-anak juga. Ternyata mengetahui karakter ini juga bermanfaat untuk melihat gaya belajar yang efektif, pola komunikasi dan gaya pengasuhan, sampe ke saran pekerjaan juga. Kalau udah tau sejak awal akan kemana, tentu waktunya ngga habis untuk mencari-cari jati diri, yaa.. Hehe..

  30. Alfa Kurnia says:

    Wah menarik sekali ya sekarang tes kepribadian dengan sistem sidik jari bisa pakai aplikasi aja. Dengan tahu kepribadian Kak Nisa, Mbak Atik jadi lebih mudah memahami dan mendampingi anak belajar dan berkembang, ya.

  31. lendyagassi says:

    Gak ada kata terlambat yaa, kak…untuk mengenali karakter dominan pada anak-anak ini.
    Karena akan mengarahkan pada profesi yang tepat. Membuat mudah orangtua juga dalam berkomunikasi.

  32. Idah Ceris says:

    Jadi lebih paham bagaimana orang tua harus menyesuaikan cara belajar anak2 ya, Maak. Solusi biar bisa menikmati pas belajar, enggak ada emosi2an. Hihihi

  33. ivonie says:

    Anak saya sudah pernah sidik jari sih, tapi gak ada salahnya dicoba lagi yan di MS Learning and Grow

  34. penting memang mengetahui karakter hingga gaya belajar anak mba jadi sebagai orangtua bisa menyesuaikan deh untuk bantu anak belajar

  35. Laela says:

    Kak Nisa keren karaktenya. Bs menengaruhi byk org. Nah PR kita banget nih Bun untuk mengarahkannya dg sabar ketika Kak Nisa marah karena idenya tak didengar.

    Untung ada MSlearn and grow kita jadi tahu karakter anak kita dan bisa diberikan arahan dr psikolog untuk memberikan pengasuhan yang tepat.

  36. dea merina says:

    aku dulu jaman SMA pernah tes sidik jari sama kakak juga yang ma masuk univ. dan bener ini sangat amat membantu buat kami yang waktu itu kebingungan dengan jurusan
    boleh juga nih buat adek biar lebih gampang ngarahinnya hehe

  37. Feri Nugroho says:

    Aplikasi ini sangat berguna banget untuk mengetahui karakter anak. Kita sebagai orang tua haruslah paham betul tentang karakter anak kita.

  38. Akbar says:

    Keren,,, cuma dengan sidik jari bisa mengetahui karir anak kedepan dan kekuranganya. Mau coba tapi belum punya anak 😂

  39. Era Sapamama says:

    Wah, metode apalagi nih mba? pakai sidik jari ya? aku belum pernah coba mba, cuma pernah denger dari temen dan reviewnya bagus. baca tulisan mba aku jadi makin penasaran deh

  40. Yonal Regen says:

    Teknologi kita semakin hari semakin canggih, sampai ada metode tes sidik jari untuk mengetahui tipe kepribadian seseorang, so easy. Jadi ga ribet kaya harus psikotes secara formal, cukup di gawai saja

  41. Herijo says:

    Memang setiap manusia itu diciptakan unik karakternya, dan hebat sekali teknologi sidik jari ini bisa mengidentifikasi keunikan itu. Top lah.

  42. Ternyata ada hubungan juga tes sidik jari dengan kepribadian anak. Jadi pengen tes sidik jari juga.ehehe

  43. Rendi says:

    keren banget kak
    sekarang makin canggih dengan adanya teknologi seperti ini

  44. Lintang says:

    Memang penting banget mengenali emosi dan karakter anak. Tentunya bermanfaat banget mengetahui tes sidik jari anak dengan MS Learning and Glow untuk mengarahkan masa depan anak lebih baik.

  45. Milah Smart says:

    Beberapa kali Mila ditawarkan untuk tes sidik jari bak untuk mengetahui mesin kecerdasannya. tetapi belum pas waktunya.

    Apakah dengan kita menggunakan aplikasi ini, hasilnya akan sama juga ndak? hehe.

  46. Anak saya baru dua tahun tapi saya udah penasaran banget sama bakat dan potensi anak apa, supaya bisa mendidiknya dengan lebih tepat sesuai bakat dan minat anak

  47. Allamandawi says:

    Baru tau sy soal aplikasi ini, beemanfaat banget dalam pengasuhan anak biar sesua dengan apa yg sebenar.y mereka butuhkan

  48. Teddy says:

    Wah, menarik sekali Kak. Dengan mengetahui kepribadian anak sejak dini akan sangat membantu orang tuanya memberi pengajaran yang tepat.

    Kalau lewat aplikasi begini jadi lebih mudah dan praktis apalagi ada sesi Konsultasi, wah hebat banget. Semoga semakin banyak orang tua muda yang bisa menerapkan hal ini.

    Terima Kasih Kak

  49. wah menarik sekali kak aplikasinya..apalagi ada test sidik jarinya, bisa untuk pemetaan bakat dan potensi anak juga… makasih sharingnya ya kak

  50. Ini serius gratis atau berbayar ya Bun? Soalnya kalo tes asli kan lumayan juga harganya dan ada alat khususnya setahuku. Kalau gratisan jadi pengen coba nih meskipun tingkat akurasinya baru 80%

  51. Lidin says:

    Wah, mantap ini buat pembelajaran parenting ibu-ibu masa kini. Keren banget sih aplikasinya bisa ada konsultasi sama psikolog juga, jadi lebih paham tentang kepribadian tiap anak secara personalized

  52. Mei Daema says:

    jadi pengen cobain tes kepribadiannya deh, bisa saya coba ke keponakan saya yang kecil-kecil niy buat tahu kepribadian mereka

  53. saya baru tahu ada test sidik jari untuk mengetahui kepribadian seseorang, ternyata banyak sekali kegunaanya.

  54. Perkembangan teknologi semakin maju dan tentunya membuat perkembangan dan pola belajar anak serta pola asuhnya bisa disesuaikan

  55. Edi says:

    Sidik jadi dan kepribadian anak, baru tahu. Sebagai calon bapak saya akan mencoba mendidik anak dengan semangat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!