Sermani Steel: Solusi Lengkap Konstruksi Atap Bangunan

Hari Minggu tanggal 20 Mei 2018 kemarin, kami blogger Makassar diundang untuk menghadiri acara buka bersama sekaligus pengenalan perusahaan konstruksi atap bangunan yang berdiri di Makassar sejak tahun 1970.

PT Sermani Steel sendiri beralamat di jalan Urip Sumoharjo km 7, Tello Baru, Panakukang, Makassar. PT Sermani steel merupakan perusahaan gabungan antara Indonesia dan Jepang, dimana lebih dari 50 persen sahamnya dipegang putra daerah.

Perusahaan dengan lambang jonga (rusa) merah ini telah banyak menerima penghargaan dari pemerintah. Dalam operasionalnya, Sermani steel mengacu kepada standar mutu ISO 9001, sehingga produk yang dibuat sudah teruji dengan baik dan memenuhi syarat kebutuhan konsumen.

Volume dan kapasitas produksi PT Sermani Steel sendiri mencapai 15-20 ribu ton. Perusahaan ini juga melebarkan sayap produksinya. Tak hanya memproduksi seng, Sermani juga merambah produksi Galvalume. Seng Sermani cap jonga merah ini memiliki beberapa keunggulan, diantaranya:
1. Standar Nasional Indonesia (SNI) dengan ketebalan seng mencapai 0,20 mm
2. Daya tahan seng Sermani sampai dengan 15 tahun
3. Seng Sermani cap Jonga Merah ini lebih tebal dan lebih berat dari merk seng yang lain
4. Seng Sermani merupakan produk lokal yang berkualitas tinggi serta sudah dipercaya sejak tahun 1970 dan menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia Timur pada umumnya
5. Proses produksi sengnya melalui pencelupan (galvanized) dengan suhu mencapai 500 derajat celcius untuk memastikan seluruh lembaran seng terlapisi dengan baik
6. Operasional, prosedur kerja dan manajemen PT Sermani Steel mengacu pada ISO 9001, sehingga mutu dan kualitas barang produksinya sangat terjamin dan tidak kalah dengan produk seng di Jawa
7. PT Sermani Steel sendiri berkontribusi dalam membangun ekonomi setempat karena telah mempekerjakan putra daerah di perusahaannya
8. Sepuluh kali mendapatkan predikat biru dalam amdal lingkungan dari Kementrian Lingkungan Hidup Jakarta

PT Sermani Steel sejak tahun 1970 menjadi market leader dalam produksi dan penjualan seng di Indonesia Timur. Dari sejak berdiri Sermani Steel tetap mempertahankan kualitas produksinya. Tak ada yang berubah dari ketebalan dan kualitas barang produksinya dari dulu hingga kini. Meskipun banyak bermunculan pesaing dari produsen konstruksi atap bangunan merk lain yang menawarkan harga lebih murah tapi dengan ketebalan seng yang lebih tipis, Sermani tetap pada pendiriannya untuk mempertahankan kualitas barang produksinya. Untuk tetap bisa bersaing dengan kompetitor, Sermani Steel tidak mau mengurangi kualitas produknya, merka justru melakukan efisiensi pemakaian listrik dan tenaga karyawan untuk menekan biaya produksi agar harga lebih murah tapi tetap dengan kualitas yang bagus sesuai standard SNI.

PT Sermani Steel memang menekankan kualitas, sehingga harga di pasaran tentu jauh lebih tinggi dari produk kompetitor. Untuk produk seng per kakinya (30 cm) dijual seharga Rp. 7000.

Selain atap seng yang terdiri dari galvalume roof dan galvanizing roof, Sermani Steel juga memproduksi Sermani Spandeck Galvalume yaitu atap yang terbuat dari bahan baku galvalum (baja lapis seng dan alumunium) sebagai perkembangan atap modern masa kini. Produk Sermani Spandeck ini dapat dipesan dengan panjang sesuai kebutuhan sehingga mengurangi sambungan yang rawan terhadap kebocoran. Sermani spandeck lebih kuat dan tahan karat sehingga sangat cocok untuk daerah pesisir pantai dan pegunungan. Produk ini mempunyai desain pengunci yang dapat mencegah kebocoran atap akibat resapan air.

Selain itu, PT Sermani Steel juga memproduksi Sermani Galvalume yaitu rangka atap baja ringan pengganti kasondan reng kayu yang anti rayap, dapat di daur ulang, ramah lingkungan, tahan terhadap karat dan api, tahan disegala cuaca baik cuaca panas maupun dingin, kuat dan ringan, mudah serta ringkas dalam pemasangannya, tampilannya yang lebih modern, dan bisa digunakan untuk semua jenis atap bangunan.

Produk terakhir dari Sermani Steel adalah Sermani Coil Galvalume yaitu plat baja ringan yang digulung roll. Komposisi cairan pelapis untuk galvalume ink terdiri dari 55% aluminium, 45% zink/seng, dan bahan lainnya hingga 100%. Karena produk ini memiliki kandungan aluminium yang lebih tinggi membuat galvalume lebih baik untuk daya tahan karat dibanding dengan galvanis. Namun galvalume tidak tahan terhadap semen dibanding seng. Sehingga baja lembaran yang dilapisi alumunium ini akan sangat tahan dengan karat tetapi tidak tahan keropos dibandingkan baja lembaran yang dilapisi seng.

Galvanis dan galvalume sendiri memiliki perbedaan dari proses pelapisan,komposisi cairan pelapis, daya proteksi lapisan terhadap baja lembaran dimana galvalume tahan karat dan galvanis tahan keropos, dan terakhir galvalume tidak tahan semen sedangkan galvanis sangat baik daya tahannya terhadap semen.

Dari uraian di atas cukup jelas ya, bahwa Sermani Steell merupakan produsen konstruksi atap bangunan yang berkualitas dan kita bisa memilih mau membeli galvanis atau galvalume sesuai dengan kebutuhan dan budget kita tentunya.

bundanisa

Penulis bisa dihubungi melalui email: atikmuttaqin17@gmail.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!