Service Motor Lama Jadi Terasa Baru

Hayo siapa yang sukanya cuma pakai motor tapi abai sama kondisi mesin motor? Yup siapa lagi kalau bukan para ibu ibu seperti kita.

Sepeda motor bagi saya ibarat teman yang selalu menemani perjalanan menembus kemacetan, sat set serba cepat mengantar ke tujuan. Sepeda motor menjadi kendaraan utama untuk beraktifitas karena lebih praktis dan ekonomis. Setiap hari saya selalu memakai motor untuk antar jemput anak, belanja ke pasar, atau bahkan sekedar touring tipis tipis bersama teman.

Tak heran jika motor ini butuh perawatan extra karena kalau tidak di-service, rasanya menjadi sangat tidak nyaman dikendarai. Belum lagi ban motor yang sudah gundul atau oli yang sudah harus diganti terkadang luput dari perhatian ibu ibu seperti kita yang kalau pake kendaraan asal pake aja tanpa melihat kondisi mesin,ban apalagi kondisi oli.

Saya sendiri rutin service motor tiap 3 bulan sekali, atau saat suami mulai rewel mengingatkan untuk service. Maklum suami lebih peka sama kondisi kendaraan. Service motor sendiri adalah pengecekan kondisi motor secara rutin yang biasanya dilakukan saat motor sudah mencapai jarak tempuh tertentu. Bagian yang dicek, antara lain memeriksa saluran bahan bakar, kondisi mesin, rem, gas tangan, oli mesin, oli gardan, ban dan sebagainya.

8 Bagian Utama Motor Yang Harus Di-Service

Ngomong ngomong soal service motor, kita perlu tahu nih bagian apa aja yang harus menjadi perhatian saat melakukan service rutin. Ada 8 bagian utama yang harus di-service pada sepeda motor ini yaitu:

1. Oli Mesin
Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Itu sebabnya, kita perlu rutin mengganti oli sesuai jarak tempuh yang tercapai dimana rata- rata pabrikan merekomendasikan penggantian di 2500 Km. Biasanya, biaya yang perlu kamu bayar, meliputi biaya pembelian oli (harga tergantung merek) dan biaya jasa ganti olinya.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan atau retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli

2. Oli Gardan
Bagi yang menggunakan motor matic jangan lupa untuk rutin mengganti oli motor matic-nya. Pengguna motor matic wajib rutin ganti oli gardan. Mengingat fungsi oli gardan untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Waktu penggantiannya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

3. Busi
Busi adalah part atau bagian di motor yang fungsinya untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Jika busi tak berfungsi baik, maka bisa menyebabkan motor sulit dinyalakan. Untuk itu diperlukan penggantian busi.

4. Kampas Rem
Keamanan dan keselamatan berkendara menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan. Salah satu komponen pada motor yang besar pengaruhnya pada keselamatan, yaitu sistem pengereman. Jika kampas rem sudah tipis, rem pun jadi kurang pakem, dan bisa menyebabkan bahaya kecelakaan. Inilah alasan penting kondisi kampas rem harus selalu dicek saat melakukan service motor.

5. Filter Udara
Fungsi filter udara adalah menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk, kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator. Biasanya, pemeriksaan akan dilakukan terlebih dahulu, sebelum mekanik memutuskan, apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti.

6. Aki atau Accu
Tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 – 14,2 Volt. Nah, kalau tegangan aki tak sesuai ketentuan tersebut, ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, mau tidak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan detail. Kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti agar kamu tetap bisa menggunakan motor dengan nyaman.

7. Ban
Pemeriksaan ban juga penting lho dan perlu dilakukan secara berkala. Bahkan seharusnya, kamu memeriksa kondisi ban terlebih dahulu sebelum menggunakan motor. Namun pada saat service motor, mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dan sebagainya.

8. Tune up Motor Rutin
Service motor tune up adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson. 

Setiap service yang disertai dengan penggantian oli atau sparepart, mekanik akan menanyakan terlebih dahulu kepada kita selaku konsumen agar kita tidak kaget dengan harga yg ditawarkan. Jika kita setuju makan mekanik baru akan melakukan penggantian sparepart dan begitu juga sebaliknya, jika konsumen merasa keberatan dengan harga sparepart yang ditawarkan, maka mekanik tidak akan melakukan penggantian.

Bengkel Servis Motor Terbaik

Lalu dimana sih kita bisa menemukan tempat service motor terbaik tengan harga yang bersahabat di Kantong? Yup untuk mendapatkan servis yang bagus, kita harus mencari bengkel servis motor yang bagus sekaligus murah juga. Salah satu bengkel yang bisa diandalkan adalah Planet Ban. Di bengkel ini, kita bahkan bisa mendapatkan service mesin motor lama kita jadi terasa mesin baru . Hmm… apa itu servis mesin rasa baru?

Service motor rasa baru dikenal juga dengan sistem servis terpadu. Tujuan melakukan jenis service motor ini untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru, yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin.

Lalu Apa Sih Manfaat Melakukan Servis di Planet Ban? 

Manfaatnya tentu banyak antara lain:

1. Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet ( jarang rusak).

2. Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng

3. Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga kita tidak perlu sering ke bengkel. Selain itu, biaya servis jadi lebih hemat.

4. Kita bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Apa sih Bedanya Service Motor di Planet Ban dengan di Tempat Lain?

Ini nih bund bedanya:

1. Jika kita service di tempat lain, biasanya masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan sering pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.
Sementara jika kita melakukan service motor rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru.
 
2. Service motor di Planet Ban bikin motor kita seperti punya mesin baru lho bund. Hasilnya, tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.

3. Ini nih yang paling kita suka bund, harga service motor di Planet Ban yang selengkap ini, terjangkau banget pula. Untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,-

Nah, sekarang sudah tahu kan bund manfaat rutin cek kondisi motor dan bagian apa yang perlu di-service. Jangan asal pake aja ya bund, mulai sekarang harus lebih aware dengan kondisi motor yang kita kendarai. Sekarang, coba ingat-ingat lagi, kapan terakhir bunda service motor? Yuk ah ambil motornya dan cus service ke Planet Ban saja dan dapatkan layanan terbaik untuk service motor rasa baru dengan harga hemat yang menenangkan kalbu 🥰🥰

bundanisa

Penulis bisa dihubungi melalui email: kontakbundanisa@gmail.com

You may also like...

16 Responses

  1. Suci says:

    Wah jadi keinget ban belakang motorku juga udah halus. Dan buru-buru ngecek harga ban di planet ban.
    Tapi kayanya di Medan ngga ada Bengkel Planet Ban.
    Padahal udah fokus sama harga oli dan service nya yang Masyaallah murah bangeet, huhuuu…

  2. Fenni Bungsu says:

    Service motor memang kudu apik dalam perawatannya. Diingat terakhir kapan, lalu dibuat jadwal buat kedepannya. Biar mesin tetap awet ya

  3. Mugniar says:

    Reminder Mbak Atiq pak suami ya … ibu-ibu mah memang biasanya lebih cuek ya hihi. Alhamdulillah ya ada Planet Ban jadi bisa lebih telaten lagi servis motornya.

  4. Maria G says:

    lengkap banget ya?
    Anak saya juga selalu mempercayakan sepeda motornya pada Planet Ban
    Karena layanannya memuaskan

  5. YSalma says:

    Saya termasuk tim yang terima beres motornya bisa jalan, tapi kalau berasa ada yang gak enak dikasih tau ke orang di rumah.
    Ntar rekomendasikan untuk servis di Planet Ban juga, kalau gak ntar bawa sendiri, udah dapat kisi2 bagian yg kudu dicek.

  6. Kampas rem, busi dan ganti oli secara rutin sangat penting. Biasanya yang sering bikin tiba2 mati mesin karena jarang ganti oli. Walaupun motor udah tua, kuncinya rutinin aja ganti oli biar awet mesinnya.

  7. Bengkel planet ban mudah ditemukan dimana2 ya, sebagai orang yang ga bisa dan ngga ngerti motor sebaiknya aku rekomendasi kan planet ban juga ke suami ya

  8. Untuk mendapatkan kendaraan yang awet dengan mesin yang sehat, memang harus rutin dirawat. Kita mengendarainya juga nyaman dan tidak khawatir jika ada masalah saat sedang digunakan.

    Planet Ban yang saya tahu memang recommended. Banyak teman-teman yang menceritakan service yang berkualitas dari tempat ini.

  9. Bayu Fitri says:

    Kalau punya motor supaya kinerja mesin prima emang harus rutin servis ya kak, Saya pernah telat servis ehh jadi cepat mogok deh motornya

  10. Windi Astuti says:

    wah, beneran ya mbak ? rencana bulan depan mau ganti rantai motor nih. Masih meraba soal budget dan pelayanan mana yang apik. Sering dibuat perjalanan jauh jadi motor harus selalu prima, service dan ganti oli wajib. Next, nyoba ke planet ban ah

  11. Sugianto says:

    Bagian yang perlu diperhatikan dengan baik dan teliti adalah bagian mesin, harus rajin tune up dan memastikan oli dilakukan penggantian tepat waktu agar tetap awet. Pastinya harus cari tempat yang tepat

  12. nurul says:

    planet ban memang kredibel dan recommended

    aku jg sarankan tmn2 untuk ke sini klo mau service

  13. lendyagassi says:

    Aku pernah pas ganti oli ternyata gak sesuai sama kebutuhan motorku.
    Emang terasa jadi berat gitu tarikannya.
    Dan alhamdulillah, di Planet Ban, servicenya no worry deh.. Karena teknisinya tau yang terbaik untuk motor keshayangan.

  14. sylvianayy says:

    aku banget ini dulu jaman masih kuliah nggak ngerti dunia motor dan bisanya cuma pakai aja, setelah tiba-tiba mogok nggak bisa starter karena aki rusak akhirnya diajarin mas bengkelnya disuruh rutin ganti oli dan cek kondisi motor. alhamdulillah sampai sekarang masih jalan itu motor, sekarang giliran dipakai adekku kuliah

  15. Lasmicika says:

    Wah, dengan pelayanan selengkap itu, tarifnya terjangkau sekali ya. Rajin cek emang bikin kita cepet tau kebutuhan motor dan nggak nunggu rusak baru di-servis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!