ASUS Republic of Gamers (ROG) Perkenalkan 3 Seri Laptop Gaming Terbaru yang Trengginas

Rabu, 20 Maret 2024 Asus Indonesia memperkenalkan 3 seri laptop gaming terbaru yaitu ROG Zephyrus G14, Zephyrus G16 dan Tuf Gaming A15 di ruang auditorium Abimanyu, Hotel The Alana and Convention Center Yogyakarta bersama para Blogger Jogja dalam acara ASUS Republic Of Gamers Sleek Inovation: World’s Thinnest and Lightest AI Gaming Laptop Blogger Gathering. Saya adalah salah satu blogger yang berkesempatan mengikuti acara ini.

Setiba di lokasi pukul 16.00 WIB, kami disambut langsung oleh mas Riandanu Utomo selaku Technical Public Relation Asus Indonesia. Di sini Mas Riandanu menyampaikan tentang spesifikasi teknis dari seri laptop terbaru ASUS ROG ini.

Asus selalu berinovasi sesuai perkembangan teknologi. Saat ini trend teknologi mengarah ke AI (artificial intelligence). Kebanyakan teknologi disematkan teknologi AI. Republic of Gamers (ROG) sendiri diluncurkan pertama kali oleh Asus Indonesia pada Juli 2006 dan terus bermetamorfosis mengikuti perkembangan teknologi hingga sekarang.

Asus ROG Zephyrus G.14 dan G16

Asus ROG Zephyrus G14 dan Zephyrus G16, keduanya merupakan laptop gaming ROG pertama yang menggunakan layar ROG Nebula Display dengan panel OLED, seringan 1,5 kg untuk Zephyrus G14 dan setipis 1,49 cm untuk Zephyrus G16, serta merupakan AI-powered gaming laptop pertama di Indonesia.

“Ini merupakan dua laptop gaming layar OLED paling tipis dan ringan di dunia,” kata mas Riandanu Utomo.

Meskipun laptop ini compact dan ringan, namun laptop ini dibekali dengan chip grafis NVIDIA GeForce RTX 40 Series yang menjadi salah satu komponen utama di laptop ini, yang menjadikan laptop tipis nan ringan yang powerful.

Lebih menarik lagi, ROG Zephyrus G14 dan Zephyrus G16 juga kini tampil lebih modern dengan hadirnya fitur Slash Lighting. Kedua laptop ini menampilkan rangkaian LED Slash Lighting yang berani, dengan beberapa animasi yang dapat dipilih untuk menyesuaikan tampilan. Slash Lighting sendiri adalah lampu LED indikator eksklusif yang berada di balik layar kedua laptop gaming ini. Slash Lighting dapat dikustomasi untuk menampilkan pola tertentu lewat aplikasi Armoury Crate yang sudah terpasang di ROG Zephyrus G14 dan Zephyrus G16. Slash Lighting membuat kedua laptop gaming ini tampil unik, berbeda dari yang lain dan sekaligus menarik.

Sebagai seri laptop terkecil dalam jajaran produk terbaru Asus ini, Zephyrus G14 (2024) adalah pilihan ideal bagi anda yang suka beraktivitas. Dengan sasis aluminium yang sangat ramping dan berbobot hanya 1,5 kg, mesin ramping ini dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam tas dan ransel yang hemat ruang, dan cukup ringan untuk dibawa sepanjang hari. Meskipun bentuknya kompak, G14 menawarkan layar Nebula 3K 16:10 dengan panel OLED, dengan kecepatan refresh 120Hz, waktu respons 0,2 ms yang hampir seketika, dukungan G-SYNC, dan cakupan warna DCI-P3 100%. Ini adalah tampilan yang benar-benar menawan, memungkinkan setiap film, acara TV, atau game muncul langsung dari layar.

Seperti jamak diketahui, sebagian besar perangkat setipis dan seringan ini biasanya mengorbankan daya demi ukuran. Namun ROG Zephyrus G14 ini tetap merupakan laptop gaming dengan performa yang tregginas. Asus berupaya keras untuk mengemas CPU dan GPU bertenaga dalam laptop compact ini. Dilengkapi prosesor AMD Ryzen 9 8940HS dan GPU Laptop NVIDIA GeForce RTX 4070, G14 dapat dengan mudah menghadirkan performa tinggi di semua game dan esports terbaruyang membutyuhkan spesifikasi tinggi.

Dengan NVIDIA Advanced Optimus, kita dapat memaksimalkan framerate dan meminimalkan latensi dengan cepat dengan MUX Switch bawaan yang beralih ke mode permainan secara otomatis bila diperlukan. Lalu bagaimana Asus mengemas semua perangkat keras ini ke dalam sasis 14 inci? Itu semua berkat teknologi Pendinginan Cerdas terbaru. Para insinyur ROG menambahkan senyawa termal logam cair ke CPU dan GPU, dan memasangkan serangkaian pipa panas yang ditingkatkan dengan Arc Flow Fans™ terbaru Asus dalam konfigurasi 3 kipas yang terpasang. Jika membutuhkan laptop gaming yang dapat luwes bergerak bersama Anda, ROG Zephyrus G14 adalah pilihan yang tepat.

Tetapi jika menginginkan layar yang lebih besar untuk visual yang lebih imersif dan lebih kaya suara. Zephyrus G16 (2024) adalah pilihan yang lebih baik. Dengan bentuk aluminium ultra-tipis, dengan Layar Nebula 16 inci yang lebih besar dan lebih cepat dengan panel OLED dengan kecepatan refresh 240Hz yang luar biasa, menjamin kejernihan gerakan yang luar biasa. Zephyrus G16 juga dilengkapi turbocharger, dengan CPU Prosesor Intel Core Ultra 9 185H dan GPU Laptop NVIDIA GeForce RTX 4090. Model kelas atas bahkan menyertakan ruang uap untuk meningkatkan kemampuan pendinginan, memungkinkan RTX 4080 dan RTX 4090 menggerakkan game kelas atas dan pembuatan konten. Tenaga, portabilitas, dan kelincahan dalam sasis ramping dengan bobot kurang dari 2 kilogram adalah klaim dari Zephyrus G16. Sehingga laptop seri ini tidak hanya cocok digunakan oleh gamers tapi juga oleh konten kreator maupun programmer. Panel QHD 240Hz akan membuat setiap game yang dimainkan menjadi pengalaman yang imersif dan impresif sekaligus. Dengan dukungan memori LPDDR5X-7467 generasi terbaru hingga 32GB yang sangat cepat dan penyimpanan PCIe Gen 4 hingga 4TB, Zephyrus G16 dapat menyelesaikan proyek apa pun dan memiliki ruang yang sangat cukup untuk menyimpan game atau project-project kita.

Dan berikut adalah gambaran ringkas spesifikasi teknis dari kedua laptop ini:

Asus ROG Tuf A15

Hadir dengan motto Laptop Gaming Kelas Militer 15 inch yang Kuat dengan Keunggulan TGP (Total Graphics Power). TUF A15 dilengkapi dengan layar berukuran 16 inci FHD (1920×1080) dengan refresh rate 144Hz. Keunggulan Asus ROG TUF A15 ini terletak dari desainnya yang lebih tangguh karena laptop gaming ini telah mendapatkan sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (US Military Grade MIL-STD-810H). Sertifikasi tersebut membuktikan bahwa TUF Gaming A15 memiliki desain body yang lebih tanggguh sehingga penggunanya dapat lebih tenang saat membawa AI gaming laptop ini bepergian kemanapun dengan moda transportasi apapun.

Laptop ini menggunakan Windows Home 11 dengan AMD Ryzen™ 9 8945H hingga 16GB RAM DDR5 5600MHz yang sangat cepat. Kinerja juga makin maksimal dengan NVIDIA® GeForce RTX™ 4070. Ketika memory penuh, slot SSD M.2 NVMe yang kosong membuat peningkatan kapasitas penyimpanan menjadi lebih mudah.

Dilengkapi dengan sistem pendinginan yang maksimal dengan 4 exhaust vents dan Arc Flow Fans dan telah dilengkapi dengan Dust Filter sehingga laptop dapat melakukan self cleaning. Laptop ini juga memiliki audio Dolby Atmos untuk pengalaman gaming yang lebih realistis. TUF A15 juga memiliki banyak port I/O yang jarang digunakan laptop mainstream seperti USB 3.2, HDMI 2.1, Thunderbolt 4, USB Type C dengan Power Delivery dan Audio Combo Jack. Laptop ini juga memiliki baterai 90Wh yang mampu bertahan hingga 12 jam dalam penggunaan normal.

Untuk harga ASUS TUF A15 sendiri dimulai dari Rp.23.999.000. Harga bisa berbeda-beda tergantung jenis prosesor, gpu, ram dan storage. Untuk pengguna laptop yang menginginkan prosesor intel, TUF juga menyediakan ASUS TUF F16 dengan harga mulai Rp. 21.999.000.

Buka Bersama

Sambil mendengarkan pemaparan, kamipun melihat demo game yang dimainkan lewat 3 seri laptop Asus ROG yang dibawa oleh tim Asus Indonesia. Memang sebagai awam sayapun terkesima dengan performa laptop ini, karena biasanya saya hanya melihat game sejenis mobile legend di Handphone, pun dengan keterbatasan layar dan suara yang dihasikan. Dengan laptop Asus ROG Zephyrus G14, G16 dan Tuf A 15 saya bisa mersakan sensasi bermain game yang lebih advance, imersife, impresif dan memukau.

Selesei pemaparan, acara dilanjutkan dengan buka bersama dengan menu-menu yang lezat dari The alana Hotel and convention center serta penutupan yang diselingi dengan pembagian hadiah untuk blogger terpilih.

Referensi:
https://rog.asus.com/articles/rog-gaming-laptops/zephyrus-g14-vs-g15-vs-m16-vs-duo-16-whats-the-difference-between-rogs-zephyrus-laptops/
https://www.asus.com/id/laptops/for-gaming/tuf-gaming/asus-tuf-gaming-a15-2024/#performance/

bundanisa

Penulis bisa dihubungi melalui email: kontakbundanisa@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!